Mengoptimalkan Kinerja Perangkat Android

Wednesday, February 27, 2013 0 Comments

Kali ini saya membagikan sedikit tips tentang bagaimana kita mengoptimalkan kinerja perangkat Android milik kita. Tak usah berpanjang lebar lagi, kita langsung lihat saja beberapa tips dibawah ini. 

1, Optimalkan Home Screen 
Ketika kita menampilkan terlalu banyak widgets dan live wallpaper di home screen, itu akan memperberat kinerja Android yang memaksa penggunaan CPU dan RAM terlalu berlebihan. Jadi pakailah widget yang memang kita butuhkan dan gunakan wallpaper yang biasa saja.

2. Matikan dan Hapus Aplikasi yang tak dipakai 
Ketika kita menjalankan sebuah aplikasi dan biasanya kita lupa close aplikasi tersebut secara menyeluruh, padahal aplikasi tersebut masih tersimpan dalam RAM dan akan memakan kinerja prosesor. Jadi kita harus mematikan aplikasi tersebut supaya kinerja prosesor menjadi lancar. Kita bisa gunakan task manager atau beberapa aplikasi layaknya task manager yang kita bisa download di Google Play.
Untuk aplikasi yang jarang kita gunakan, saya sarankan untuk di uninstall saja karena dengan begitu kita akan sedikit menghemat penggunaan memori internal

3. Pasang Browser
Browser bawaan Android bagi beberapa perangkat terasa agak sedikit lambat dan tidak responsif, solusi akan hal tersebut kita bisa menginstall beberapa aplikasi browser yang bisa kita download dari Google Play. Kita bisa pakai OperaMini, Google Chrome dan lain-lain

4. Overclock Perangkat Android
Layaknya sebuah perangkat komputer, kita juga bisa overclock perangkat Android untuk meningkatkan kecepatan. Sebelum kamu melakukan overclocking, android harus di rooting terlebih dahulu. 

5. Mengatur Autostart Program
Jika kamu sudah melakukan proses rooting di perangkat Android kita, kita bisa menggunakan aplikasi seperti Autostarts untuk mengatur aplikasi-aplikasi mana saja yang akan berjalan secara otomatis. Dengan begitu akan mempercepat proses booting.

Kiranya beberapa tips diatas bisa bermanfaat bagi kita semua para pengguna Android.

0 komentar :