Pertanyaan Seputar Rooting Perangkat Android

Monday, July 22, 2013 0 Comments

Root AndroidJumlah perangkat Android di pasar sekarang ini semakin bertambah, dan bersamaan dengan ini banyak sekali para pengguna Android mencari tentang "Bagaimana" dan "Mengapa" untuk melakukan rooting perangkat.  Disini Android Indonesia akan menunjukan beberapa pertanyaan paling sering ditanyakan tentang masalah rooting perangkat Android.


Apa itu Root ?

Dalam artian secara harfiah, root (akar) adalah bagian dari tanaman, terletak di bawah permukaan tanah. Rooting perangkat Android adalah sesuatu yang berbeda dari pengertian root secara harfiah diatas. Disini pengguna dapat mendapatkan akses tak terhingga ke sistem dari Android (di linux kita mengenalnya dengan root access). Hal ini tentunya bermanfaat dari mulai mengakses data, backup data, mengubah tampilan dasar dari perangkat (smartphone ataupun tablet) dan sekaligus pengguna bisa memasang Costum ROM.


Bagaimana cara kerja rooting ?

Dengan melakukan root perangkat Android, pada dasarnya ini akan memasang kernel baru pada perangkat. Kernel adalah sebuah jembatan antara software untuk bagaimana menggunakan resource dari hardware perangkat. 

Apa itu Costum ROM?

ROM adalah sistim dasar dari Android. Ini adalah sistim yang dipakai pada Android. TouchWiz adalah ROM milik pengembang Samsung, HTC Sense, dan lain-lain. Sementara untuk Costum ROM adalah ROM yang dikembangkan oleh grup yang independen ataupun perseorangan. Contohnya, ada Costum ROM CyanogenMod.


Apakah saya tetap menjalankan Android setelah Rooting ?

Tentu, karena semua costum ROM dibuat dengan dasar sistim Android.


Apakah saya bisa terus menerima official update ?

Bisa ya atau tidak. Perangkat yang sudah di root tidak bisa menerima pembaruan lagi lewat OTA (remote), tapi anda bisa memasangnya secara manual.


Apa keuntungan dari root perangkat Android ?

Seperti dikatakan pertama tadi, Anda disini memilik akses penuh pada perangkat Android. Sehingga anda bisa memasang costum ROM, aplikasi khusus, dan lain-lain.


Apa itu costum recovery ?

Mode recovery (restore) bisa diakses ketika anda melakukan reboot telepon, ini memungkinkan kamu untuk melakukan perbaikan dan maintenance performa perangkat. Perangkat yang telah diroot sudah terpasang costum recovery, ini akan hanya sedikit merubah dari mode recovery dasar perangkat. 


Apa itu Flashing ?

Melakukan Flashing ROM dalam artian mudah adalah memasang ROM ke perangkat Android.


Bagaimana dengan resiko kerusakan telepon ?

Tentu semua ini mempunyai resiko, contohnya jika dalam proses rooting kamu menghentikan proses pada proses yang berjalan sudah 50%, atau anda memasang kernel yang tidak kompatibel. Jadi ikutilah setiap langkah dengan benar, baca dengan seksama, perhatikan peringatan, dan semuanya akan berjalan dengan baik. 


Apa saya membutuhkan komputer ?

Dalam banyak kasus, ya anda membutuhkannya. Ada beberapa program membutuhkan penggunaan komputer untuk penggunaannya (Odin untuk Samsung, Flashtool untuk Sony, dll)


Dimana saya bisa mencari tutorial ?

Gunakan fungsi search di blog ini untuk mencari perangkat milik anda atapun ingin anda root. Jika belum menemukannya anda bisa bergabung dengan sebuah forum besar yang membahas tentang Android (xda-developers)

Demkianlah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan para pengguna Android sebelum melakukan root. Semoga berguna !
Update selalu informasi anda tentang Android, dengan bergabung bersama kami di fanspage facebook kami Android Indonesia Official