Kontroversi Mengenai Proses Root Android

Friday, September 06, 2013 , 0 Comments


rooting android

Android Indonesia - Layaknya diketahui, kontroversi berkenaan legalitas sistem rooting perangkat android memanglah belum mendapatkan satu rangkuman yang bulat serta disepakati dengan global.
Tetapi, menurut yang ditulis di website One click root, sampai sekarang ini tercatat sudah ada tiga lokasi yang mempunyai aturan jelas menyangkut kepastian status hukum aktivitas rooting Android. ketiga lokasi tersebut termasuk :

1. Australia
Sejak pertama kali perbincangan status hukum aktivitas rooting android diperdebatkan oleh beberapa produsen perangkat di sekitar tahun  2010, pemerintah Australia sudah mengambil sikap yang dapat disebutkan cukup bijak. Mereka menyebutkan bahwa me-rooting perangkat Android adalah sesuatu aktivitas legal sepanjang sistem tersebut digerakkan dengan aplikasi atau teknologi yang legal, serta pengguna menanggung sendiri efek yang dihadapi

2. Eropa
Seirama dengan apa yang dinyatakan oleh pemerintah australia, Free Software Foundation Europe (FSFE) yang bermarkas di Berlin, Jerman juga berasumsi kegitan rooting Android adalah perihal yang legal untuk dikerjakan. apalagi, mereka berpendapat bahwa semua jenis wujud aktivitas rooting, flash, atau jailbreak sah-sah saja dikerjakan oleh sang pemilik perangkat dengan efek yang ditanggung sendiri. 

Disamping itu, FSFE juga merujuk pada kesepakatan European Directive 1999/44/ce yang menyebutkan bahwa sistem penukaran, penggantian, serta pembaruan sistem operasi orisinil tidak bisa membatalkan garansi, sekurang-kurangnya untuk perangkat yang berusia dibawah dua tahun.

3. Amerika
Tahun 2010 - Kantor Hak Cipta Amerika serikat menyebutkan bahwasanya adalah ilegal untuk melakukan aktivitas rooting Android yang memakai aplikasi pihak ketiga yang tidak terdaftar dengan resmi. Mereka juga melarang tipe aktivitas me-rooting Android yang mempunyai tujuan untuk buka kunci ( unlocked ) jaringan operator.

Tahun 2012 - Kantor Hak Cipta Amerika serikat mengubah aturan serta melegalkan kegitan rooting perangkat android terkhusus untuk tipe smartphone. namun kegitan rooting tablet Android tetap didalam status ilegal. mereka berdalih bahwa definisi perangkat tipe tablet tetap terlampau luas hingga tetap diperlukan waktu untuk memastikan kategori selanjutnya.

Tahun 2013 - Proses me-rooting perangkat Android kembali dinyatakan sesuatu yang ilegal oleh Kantor Hak Cipta Amerika serikat. Walau demikian, tidak semua sistem rooting dilarang. mereka menghimpitkan pada pelarangan usaha rooting Android yang mempunyai tujuan untuk buka kunci ( unlocked ) jaringan operator.

Selain ketiga wilayah yang disebutkan diatas, proses rooting Android masih menjadi tanda tanya besar ini termasuk juga di Indonesia yang menjadi pasar Android yang cukup menjanjikan. Tapi itu semua kembali kepada Anda sebagai penggunannya.

0 komentar :