HP Slate 21, All in One PC dengan Sistem Android

Sunday, March 16, 2014 , 0 Comments

hp slate 21

CHIP.co.id - Kini, Android tidak hanya digunakan pada smartphone dan tablet. All-in-One PC pun mulai menggunakan sistem operasi mobile yang satu ini. Sesuai de­ngan nama produknya, HP Slate 21 menggunakan layar berdimensi 21,5 inci de­ngan resolusi 1920 x 1080 pixel. Layar 21,5 inci tersebut juga dilengkapi dengan teknologi IPS. Dengan begitu, Anda dapat menonton film beresolusi Full HD de­ngan jernih. Selain dilengkapi teknologi IPS, layar tersebut memiliki feature optical touchsreen agar lebih responsif dan akurat pada saat disentuh.

Tidak hanya mata, telinga Anda pun juga dimanjakan dengan hadirnya feature DTS Sound+ pada produk ini. Pasalnya, feature tersebut mampu menghasilkan efek staging pada saat Anda menonton video maupun mendengarkan musik. Untuk menyesuaikan efek staging yang dihasilkan, DTS Sound+ menyediakan preset Music, Movie dan Voice. Anda dapat memilih salah satu dari tiga preset tersebut sesuai dengan file multimedia yang sedang diputar. Jika merasa terganggu dengan feature tersebut, Anda dapat menonaktifkannya melalui menu Setting.

Seperti layaknya All-in-One PC pada umumnya, HP Slate 21 dilengkapi dengan keyboard dan mouse. Meski keyboard yang disertakan menggunakan layout QWERTY, Anda harus sedikit membiasakan diri untuk menggunakan keyboard tersebut. Pasalnya, Anda tidak lagi menemukan tombol Start, Esc, dan Fn. Sebagai gantinya, tombol Start digantikan oleh tombol Home dan tombol Esc digantikan oleh tombol Back. Sementara tombol Fn yang terletak di bagian atas digantikan dengan tombol shortcut, seperti brightness up, brightness down, volume up, volume down, Google Search, go to setting, copy, paste, dan tombol multimedia.

Tombol multimedia dapat Anda gunakan pada saat memutar musik maupun menonton film. Tombol multimedia terdiri dari tombol play/pause, stop, fast forward/next, serta rewind/previous. Selain tombol multimedia, tombol shortcut untuk menuju browser dan kalender juga tersedia pada keyboard ini.

Menariknya, keyboard HP Slate 21 juga dilengkapi dengan tombol print screen seperti keyboard pada umumnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menekan kombinasi tombol volume down dan tombol power untuk mengambil screenshot.

Meski bodinya terbilang besar, kapasitas media penyimpanan internal yang ditawarkan tergolong kecil, hanya 8 GB. Bandingkan dengan smartphone yang  sudah mencapai kapasitas 64 GB. Layaknya tablet dan smartphone, jika kapasitas tersebut terasa kurang, Anda dapat menambahkannya melalui media penyimpanan eksternal. Untuk itu, HP Slate 21 menyediakan sebuah slot SD card pada sisi kiri. Selain slot SD card, pada sisi kiri juga terdapat satu buah port USB 2.0 dan satu combo jack 3,5 mm. Sedangkan pada sisi kanan terdapat tombol power, volume up, volume down, brightness up, dan brightness down. 

Tetap Mengandalkan Sentuhan.

Pengalaman menggunakan sistem operasi Android pada All-in-One PC sejatinya cukup jauh berbeda dibanding menggunakan smartphone atau tablet. Pasalnya, sistem operasi ini memang diciptakan untuk perangkat berlayar sentuh. Meski HP Slate 21 juga mengadopsi layar sentuh, namun tetap saja Anda perlu membiasakan diri untuk menggunakannya dengan nyaman dan lancar. Fungsi mouse dan keyboard juga tidak terlalu optimal, kecuali untuk kegiatan mengetik. Sedangkan untuk bermain game seperti Dead Trigger 2 contohnya, mouse dan keyboard nyaris tidak berfungsi sehingga Anda harus tetap menggunakan sistem sentuh. 


DATA TEKNIS

  • Prosesor: ARM Cortex-A15 Quad-Core 
  • 1,8 GHz
  • Chipset: NVIDIA Tegra 4
  • Memori: 1 GB DDR 3
  • GPU: NVIDIA Tegra
  • Storage: 8 GB
  • Wireless LAN: 802.11a/b/g/n, dual-band
  • Interface: 3 x USB 2.0, 1 x RJ-45, 1 x Audio In / Audio Out, SD Card Reader
  • Special feature: HP ePrint, HP Media Player, HP File Explorer