Anda Pemakai Android ? Hati-hati Dengan Aplikasi Ini

Monday, May 13, 2013 , 0 Comments


Bagi anda pengguna Smartphone maupun Tablet Android berhati-hatilah dengan kedua aplikasi ini, Seperti yang diungkapkan oleh peneliti keamanan WebRoot ada dua aplikasi font di Google Play bernama Free Galaxy Classic Font dan Galaxy Font. Aplikasi ini diindikasi berisikan software yang memata-matai data dari pengguna Android. Seperti yang kita ketahui fungsi dari kedua aplikasi ini adalah untuk kita menambahkan font pada perangkat samsung galaxy yang banyak beredar di pasaran sekarang ini.

Selain memasang font pada perangkat galaxy, ternyata kedua aplikasi juga memasang aplikasi mata-mata Android yang disebut iKno. Aplikasi ini akan memantau SMS, panggilan telepon, dan lokasi perangkat yang anda gunakan, lalu mengirimkan informasi itu ke sebuah website yang telah diatur.

Tapi beruntungnya Google segera bertindak cepat begitu mengetahui ada aplikasi berbahaya yang mengancam data pengguna. Kedua aplikasi dan akun developer aplikasi itu telah dihapus dari Google Play.


Mengingat software mata-mata kerap dibundel dengan aplikasi lain, para ahli keamanan merekomendasikan pengguna Android untuk memasang solusi keamanan mobile pada perangkat mereka. Selain itu, pengguna juga disarankan untuk tidak memasang aplikasi yang meminta izin berlebihan dan tidak seharusnya.

Jika terlanjur telah memasang salah satu dari aplikasi diatas, segeralah untuk melakukan penghapusan aplikasi dan jangan lupa untuk melakukan pembersihan dengan menggunakan antivirus. 

0 komentar :