Andromax V, Android Smartphone Dengan Kamera Besar

Wednesday, August 21, 2013 , , 0 Comments



Sebuah langkah untuk melakukan bundling perangkat yang dilakukan olehpara operator tampaknya terlihat kurang dipandang oleh Smartfren, yang notebene merupakan salah satu operator seluler berbasis CDMA. Smartfren pun kemudian ikut merilis perangkatnya sendiri yang diluncurkan dalam lini produk Andromax. Adapun perangkat terbaru dan tercanggih yang dirilis Smartfren adalah Andromax V.

Dasarnya Andromax V merupakan nama lain dari smartphone ZTE N986, yang dirilis vendor asal China ZTE. Secara sepintas, desain perangkat ini mirip dengan Nexus 4 yang dirilis Google bersama LG. Karena itu banyak yang menyebut Andromax V sebagai kloning dari Nexus 4.

Tapi ZTE juga menyematkan sejumlah spesifikasi mumpuni di ponsel berbasis Android Jelly Bean ini. Untuk menunjang kinerja misalnya, ZTE membenamkan prosesor quadcore dengan clocking 1,2 GHz dan RAM 1 GB.

Selain itu, Andromax V juga memiliki kamera terbaik. Teknologi yang dimiliki kamera di Andromax V ini seperti yang dimiliki HTC One X. Dengan demikian pengguna bisa mengambil banyak foto sekaligus dalam sekali jepret. Menjepret foto pun bisa dilakukan saat pengguna merekam video.

Menariknya, Smartfren hanya membanderol Andromax V seharga Rp 2,3 juta. Seperti apa performanya? Berikut paparannya.

Desain

Andromax V hadir dengan desain yang sekilas mirip dengan Nexus 4. Hanya saja, Andromax V hadir dengan ukuran layar yang lebih besar, yaitu 5 inci. Tentu ukuran ini lebih besar dan sesak saat disimpan di kantong.

Ponsel ini hadir dalam dimensi 142 x 71 x 9.5mm dengan bobot 160 gram. Ada dua warna yang ditawarkan: hitam dan putih. Keduanya menawarkan bentuk desain yang elegan, sekaligus terlihat kokoh.

Di bagian muka terlihat tiga tombol virtual, yaitu back, home, dan setting. Speaker dan kamera depan juga terlihat di sebelah atas bagian muka. Di bagian atas terlihat tombol power dan lubang headset 3,5 mm. Sedangkan tombol volume diletakkan di sebelah kiri, di sisi yang sama dengan micro USB.

Baterai disematkan di bagian dalam. Untuk membuka casing belakang dan mengakses baterai pun mudah, dengan bantuan lubang kecil yang memudahkan jari untuk mencongkel. Di Andromax V, slot untuk kartu GSM dan CDMA hadir dalam ukuran penuh. Ini sedikit berbeda dengan slot di Andromax U generasi pertama, yang memakai kartu slot microSIM untuk slot CDMA.

Layar, User Interface, dan Sistem Operasi

Layar IPS digunakan sebagai layar yang tentunya memperlihatkan daya tahan Andromax V. Adapun resolusi yang dihadirkan cukup tajam, 1280 x 720 piksel. Layar pun responsif karena bisa menerima banyak sentuhan sekaligus atau multi touchscreen hingga 10 jari.

Adapun di antarmuka pengguna atau user interface, Andromax V menggunakan Mifavor Launcher. UI ini sama seperti yang digunakan di ZTE Skate. Dengan Mifavor, ikon aplikasi muncul cukup besar. Sehingga tampak sesuai dengan ukuran layar 5 inci.

Bar notifikasi muncul dengan men-slide layar dari atas, sehingga seperti membuka tirai. Ada beragam shortcut yang dihadirkan di bar notifikasi ini. Antara lain akun pengguna, airplane mode, indikator baterai, aktivasi Wifi, aktivasi Bluetooth, aktivasi GPS, pengaturan koneksi data, serta rotasi hadap pada layar.

Menu pengaturan juga mudah dijangkau di bar notifikasi. Untuk fitur recent apps, pengguna bisa mengaksesnya dengan menekan lama pada tombol home. Fitur recent apps ini membantu untuk multitasking.

Andromax V juga sudah mendukung Android 4.2.1 Jelly Bean. Karena itu Andromax V sudah bisa menjalankan sejumlah aplikasi yang didesain untuk Jelly Bean, misalnya saja Google Now.

Kinerja

ZTE membenamkan prosesor quad core besutan MediaTek, MTK6589 Cortex A7 dengan clocking 1,2 GHz. Sedangkan grafis atau GPU yang digunakan PowerVR SGX 544. Prosesor ini menyuguhkan kecepatan yang cukup mumpuni. RAM 1 GB pun cukup menunjang untuk menjalankan aplikasi yang terbilang berat.

Hasil uji benchmark pun memperlihatkan keunggulan Andromax V. Dalam uji benchmark menggunakan aplikasi Quadrant Standard, Andromax V mencapai angka 3969. Adapun penjabarannya adalah CPU 8995, memori 3391, I/O 4778, 2D 265, dan 3D 2414.

Sedangkan saat diuji menggunakan Antutu, ponsel ini mencapai angka 12699. Adapun penjabarannya adalah CPU 5812, GPU 4031, RAM 1996, I/O 860.

Untuk penyimpanan, Andromax V disertai penyimpanan internal sekitar 1,5 GB. Tapi Smartfren menambahkan kartu penyimpanan microSD berkapasitas 4 GB pada paket penjualan. Ponsel ini juga menggunakan baterai Li-Ion berkapasitas 2300 mAh. Daya tahannya mampu menunjang kinerja ponsel seharian, dengan penggunaan ponsel yang wajar.

Untuk menunjang konektivitas, Andromax V disertai dengan Wifi 802.11 a/b/g/m, Wifi Hotspot untuk tethering, Bluetooth 3.0 dan microUSB 2.0.

Jaringan

Ponsel ini menunjang jaringan Dual SIM (GSM-CDMA). Kemampuannya telah ditingkatkan dan mampu berjalan dalam jaringan CDMA 2000 1x EVDO Rev A. Tapi konektivitas data hanya optimal di slot CDMA. Dengan demikian pengguna mengandalkan jaringan Smartfren untuk browsing internet serta jejaring sosial. Sebab GSM hanya mendukung hingga Edge.

Kamera

Andromax V menggunakan kamera utama 8 MP dan kamera depan 1,3 MP. Tapi ZTE menyematkan fitur kamera canggih di ponsel ini.

Misalnya saja, Andromax V bisa menangkap gambar berurutan hingga 40 foto sekali jepret. Tentu ini membantu untuk menangkap obyek yang bergerak cepat, dan hasil terbaik pun bisa dipilih. Selain itu, kamera juga bisa menjepret foto saat sedang digunakan untuk merekam video.

Kecanggihan lain, ZTE menghadirkan sembilan mode. Mode itu adalah normal, mode HDR (untuk pencahayaan ideal), mode face beauty capture (fokus pada wajah), mode panorama, mode multi angle view, mode scene auto capture (menyesuaikan background apakah dalam ruangan, malam hari, dll), mode smile detected (otomatis jepret saat mendeteksi senyum), mode best picture, dan mode exposure expensation (yang bisa menghadirkan tiga hasil foto berdasarkan tingkat eksposure untuk dipilih sebagai hasil terbaik).

Untuk merekam video, Andromax V juga bisa optimal digunakan. Sebab Andromax V bisa merekam video dalam tampilan Full HD.

Kesimpulan

Dengan harga Rp 2,3 juta yang ditawarkan Smartfren, tentu Andromax V menawarkan spesifikasi yang lebih dari cukup. Fitur kamera yang canggih pun menjadikan Andromax V memiliki keunggulan dibanding produk lain dalam kisaran harga yang sama. Sayangnya Andromax V memiliki memori internal kecil. Sehingga pengguna tak bisa banyak menginstal aplikasi yang didesain untuk disimpan di memori internal.

Spesifikasi
Dimensi: 142 x 71 x 9.5mm142 x 71 x 9.5mm | 160 gram
Layar: 5 inch, IPS, 1280 x 729 pixel
Konektivitas: Wi-Fi, Bluetooth v3.0 with A2DP, microUSB v2.0.
Kamera: 8 MP, autofocus, LED flash (utama) | 1,3 MP (kamera depan) | Video recorder 1080p HD
Prosesor: MTK6589, Cortex A7 quad core, 1.2GHz | GPU PowerVR SGX544
OS: Android OS, v4.2.1 (Jelly Bean)
Memori: 1,5 GB (internal), slot microSD hingga 32 GB
Baterai: Li-Ion 2300 mAh battery

dikutip dan diedit seperlunya dari : liputan6.com