Mengenal Lebih Jauh Andy Rubin, Sang Kreator Android

Thursday, September 26, 2013 , 0 Comments

Andy Rubin

Android Indonesia - Ponsel pintar bersistem operasi Android sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Namun nama Andy Rubin, siapa yang mengenalnya? Dialah sosok di balik kesuksesan Android di seluruh dunia. Sang kreator Android.

Siapa yang tidak kenal dengan ponsel pintar yang bersistem operasi Android ? Rupanya ini sudah menjadi nama yang tidak asing ditelinga lagi. Namun tahukah Anda siapa sosok dibalik kesuksesan Android tersebut ?. Namanya Andy Rubin, dialah Sang kreator Android

Lahir pada 22 Juni 1946 di kota New Bedford, Amerika Serikat. Pria ini punya obsesi tersendiri pada robot dan antusias yang tinggi tentang segala hal yang berkaitan dengan robot. Ini juga menjadi satu alasan mengapa robot menjadi maskot atau lambang dari Android. Ini didasarkan pada pengalaman dari Andy Rubin yang bekerja di perusahaan robotika Carl Zeiss A.G waktu pertama ia lulus kuliah.

Rubin adalah seorang Yahudi. Ia dibesarkan di Chappaqua, New York, sebagai putra dari seorang psikolog yang kelak mendirikan firma pemasaran langsungnya sendiri. Firma ayahnya bertugas membuat foto-foto perangkat elektronik terbaru untuk dikirimkan bersama tagihan kartu kredit Rubin mengoperasikan sistem papan buletin komputer semasa mudanya.

Banyak rintangan pada awalnya ketika ia mulai membangun karirnya dan bekerja di perusahaan sekelas Google. Waktu itu dia pernah membangun sebuah perusahaan dan kemudian bangkrut. Sampai pada satu saat muncul sebuah inovasi dikepalanya yang dimana idenya itu sampai ke Google, yang dimaksud disini adalah apa yang kita kenal sekarang dengan nama Android, sebuah sistem operasi mobile.

Dia juga pernah bekerja di bagian manufaktur di perusahaan Apple. Kala itu masih dibawah kepemimpinan CEI John Sculley yaitu pada sekitar tahun 1989. Tetapi kariernya di perusahaan berlogo Apel tersebut tidaklah mulus, waktu itu dia dipindahkan ke bagian riset dan bekerja di anak perusahaan Apple, General Magic. Anak perusahaan Apple itu berfokus pada pembuatan piranti lunak dan menghasilkan Magic Cap. Namun sayang Magic Cap sepi peminat dan General Magic akhirnya perusahaan bangkrut.

Para mantan karyawan Apple kemudian sepakat untuk membangun sebuah perusahaan yang diberi nama Artemis Research pada tahun 1995. Perusahaan ini berfokus pada pengembangan  siaran televisi yang terkoneksi dengan internet, dan pada pengembangannya ini berganti nama menjadi MSN TV. Perusahaan ini kemudian diakusisi oleh Microsoft, hingga akhirnya Andy Rubin keluar dari perusahaan pada tahun 1999, selanjutnya ia menyewa sebuah ruko di Palo Alto, California. Disini ia mulai berkreasi dengan berbagai macam robot ciptaaanya.

Bosan memproduksi robot sendirian, Andy kembali ingin membuka perusahaan pada 1999. Kali ini idenya mengembangkan sebuah perangkat layaknya ponsel yang memiliki kelebihan untuk mengakses data pada perusahaan bernama Danger Inc. Seperti PDA, namun Andy mengatakan perangkatnya bukanlah PDA, tapi lebih dari itu. Ia menyebutnya Sidekick. Hingga akhirnya perusahaan kembali dibeli Microsoft dan Andy lagi-lagi keluar di tahun 2003.

Pada 2002 Andy sempat memberikan kuliah tamu pada suatu universitas tentang keunggulan Sidekick. Pada saat itu pula pendiri Google, Lary Page dan Sergei Brin, mengikuti kuliah tersebut. Petinggi Google menghampiri Andy seusai acara dan amat tertarik dengan idenya. Dan lagi-lagi Andy membangun perusahaan baru bernama Android Inc pada 2003 dengan mengembangkan program Sidekick. Hingga pada 2005 Android dibeli oleh raksasa Google. Dan mulai saat itulah Android menjadi sistem operasi ponsel-ponsel di seluruh dunia

Karir

  • Carl Zeiss AG, teknisi robotika, 1986 - 1989
  • Apple Inc., teknisi manufaktur, 1989 - 1992
  • General Magic, teknisi, 1992 - 1995. Pecahan Apple, tempat ia mengembangkan Magic Cap, sistem operasi dan antarmuka untuk peralatan genggam.
  • MSN TV, teknisi, 1995 - 1999. Setelah Magic Cap gagal di pasaran, Rubin bergabung dengan Artemis Research yang didirikan Steve Perlman dan berubah nama menjadi WebTV. WebTV akhirnya dibeli Microsoft
  • Danger Inc., pendiri bersama, 1999 - 2003. Didirikan bersama Matt Hershenson dan Joe Britt. Perusahaan ini dikenal karena Danger Hiptop-nya, biasa dipasarkan dengan nama T-Mobile Sidekick, sebuah telepon genggam yang memiliki kemampuan mirip PDA. Perusahaan ini kemudian dibeli Microsoft pada Februari 2008.
  • Android Inc., pendiri bersama, 2003 - 2005
  • Google, 2005–sekarang. Wakil Presiden Senior Android.

0 komentar :