Cara Mudah Melakukan Root Pada Perangkat Nexus 7

Tuesday, October 01, 2013 , 0 Comments

Nexus 7

Cara root kali ini berlaku bagi perangkat Google Nexus 7 yang telah diupgrade ke Android 4.3, Jelly Bean. Bila Anda masih belum mengupgrade Android Anda saya sarankan untuk bisa mengupgrade ke versi 4.3 agar bisa menjalankan proses root ini di perangkat Nexus 7.

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda seharusnya mengetahui dulu tentang tips sebelum melakukan root dan juga pertanyaan tentang proses root itu sendiri. Intinya, dengan melakukan root pada perangkat yang kita miliki maka kita telah mempunyai akses penuh terhadap perangkat dan dapat memasang aplikasi khusus yang tidak bisa kita gunakan sebelum perangkat Android Anda di root.

Proses root mempunyai resiko kerusakan yang tinggi dan bisa membuat perangkat Anda mengalami kerusakan bila salah mengeksekusinya. Lakukan dengan penuh tanggung jawab dan pastikan mengikuti semua langkah yang diberikan. Selalu lakukan Backup sebelum memulai proses root.

1. Aktifkan fungsi USB Debugging

Sebelum proses root dimulai pada tablet Nexus 7, yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan mengaktifkan fungsi USB Debugging. Untuk pengaturan ini Anda bisa melihatnya di Settings > Developers Options > USB Debugging setelah itu centang pilihan yang terlihat di menu. (Cat. Jika Anda tidak menemukan pilihan Developers Options di pengaturan, Anda bisa melihatnya di Settings > About Device, Setelah itu tap 7 kali berturut-turut sampai pilihan Developers Options terbuka.
dev options

2. Unduh SuperSU
Setelah langkah pertama tadi Anda lewati, sekarang Anda harus mendownload file SuperSU dari halaman ini http://goo.gl/mHYTWz (Cat. Lakukan hal ini langsung dari tablet Anda agar file yang didownload merupakan update versi terbaru).

3. Sambungkan perangkat ke PC
Proses ketiga yang akan dilakukan adalah menyambungkan perangkat ke PC dengan menggunakan kabel data Nexus 7.

4. Download dan pasang Wugs Nexus Toolkit
Disini adalah proses untuk mendownload Nexus Toolkit yang akan Anda pasangkan ke PC. (Tool ini bukan hanya untuk Nexus 7 namun bisa juga digunakan pada perangkat Nexus lainnya.) Tool ini juga selain untuk melakukan root pada perangkat Nexus, ini juga bisa untuk melakukan unlock bootloader, flashing ROM, dan berbagai hal lainnya yang bisa Anda coba sendiri.
Untuk mendownload bisa mengunjungi alamat ini http://goo.gl/FffCZe dari PC yang terkoneksi dengan internet.
wugfresh download page

 5. Pengaturan di Nexus Toolkit
Setelah Anda selesai mendownload dan memasang Nexus Toolkit pada PC (Gunakan sistem operasi Windows), lanjut Anda buka tools tersebut dan beralih ke pengaturannya.
pengaturan dasar
Isi sesuai dengan gambar

pemasangan driver
Pilih 'Full Driver Installation Guide +Automatic + Manual' pada pilihan initial setup

Selanjutnya, ikuti saja petunjuk yang muncul dari Nexus Toolkit. Untuk lebih jelas, silahkan lihat di gambar berikut ini.
pengaturan kedua nexus toolkit

6. Unlock Bootloader
Pilih Unlock untuk bisa membuka kunci pada Bootloader. Harus Anda perhatikan, langkah ini akan menghapus semua data yang ada di perangkat Anda. Pastikan Anda telah melakukan backup.

7. Proses Root
Selesai melakukan langkah nomor 6, sekaran adalah waktunya untuk melakukan proses rooting. Caranya mudah, Anda tinggal menekan 'Launch' yang ada pada pilihan Advanced Utilities.

Setelah itu, akan muncul layar baru. Pilih 'Custom Recovery' di pilihan Boot Temporary. Setelah itu, Nexus 7 akan membuka TWRP. Lanjut ke proses pemasangan SuperSU yang telah di download pada langkah pertama tadi? Anda akan memasang SuperSU dengan bantuan tools TWRP. Cara untuk melakukannya adalah sebagai berikut

Pilih Install lalu pilih file SuperSU.zip lakukan swipe untuk melakukan flashing dan terakhir reboot perangkat.

Setelah masuk ke perangkat lagi, akan terlihat  SuperSU, Ini menandakan bahwa perangkat telah berhasil diroot.

(baca juga: Kontroversi Mengenai Root Android)

0 komentar :