Memperbaiki Smartphone Android Samsung yang Bootloop

Friday, October 25, 2013 , 0 Comments

Bootloop pada perangkat Android diartikan sebagai gagalnya proses start up/gagal booting. Ini ditandakan dengan boot animation akan terlihat diam saja pada saat boot tanpa ada proses selanjutnya. Masalah ini terjadi biasanya karena ada beberapa hal, namun yang paling sering adalah 

1. Pengaturan dalam Smartphone yang mengalami banyak kesalahan
2. System Android mengalami kerusakan

Pada umumnya ketika masalah ini Anda hadapi, maka jalan satu-satunya untuk bisa memperbaikinya adalah dengan melakukan flashing ulang firmware yang ada smartphone Samsung tersebut. Namun bagi Anda yang takut dengan resiko kerusakan lainnya alangkah baiknya untuk bisa memperbaikinya di Service Center smartphone tersebut.

Perhatian ! Flashing firmware Android akan menyebabkan Anda kehilangan data di telepon. Selalu lakukan backup data sebelum memulai semua proses. 

Untuk memperbaiki Smartphone Android Samsung yang telah mengalami bootloop Anda dapat menggunakan Odin sebagai flasher milik Samsung. Tak usah berlama-lama lagi silahkan simak caranya dibawah untuk memperbaiki perangkat Samsung yang mengalami bootloop ataupun mati total.

1. Download beberapa tool yang akan Anda gunakan diataranya, Tool Odin, Driver Samsung, Firmware Samsung.
2. Ekstrak tool-tool yang didownload dan letakan dalam satu folder (Odin dan Firmware Samsung). Pasang driver yang sesuai dengan tipe smartphone Anda ke dalam komputer.
3. Buka aplikasi Odin dan sambungkan perangkat ke komputer. Sebelum memasukan perangkat pastikan perangkat Android dalam keadaan download mode.
4. Dalam aplikasi Odin isi file firmware yang telah di unduh tadi ke dalam kotak yang telah tersedia. (Contoh: file Modern di kotak phone, file PDA di PDA dan juga file CSC di kotak CSC dll.) lebih jelas liat gambar 

Memperbaiki Samsung Galaxy yang Bootloop5. Langkah terakhir adalah dengan memilih tombol Start dan tunggu proses flashing berjalan sampai dengan selesai. Jika telah selesai maka akan muncul kotak hijau yang bertuliskan PASS disebelah kiri sisi aplikasi Odin.
Jika proses diatas telah selesai, maka Anda telah berhasil memperbaiki Samsung Android yang mengalami bootloop ataupun mati total. 


0 komentar :