3 Seri Sony Xperia Dapat Update Android Kitkat

Thursday, March 20, 2014 , , 0 Comments

Kompas.COM - Setelah lama dinanti, update Android 4.4 KitKat akhirnya mulai menyambangi ponsel besutan Sony. Hanya, pembaruan sistem operasi ini baru dirilis untuk tiga perangkat Xperia, yaitu Xperia Z Ultra, Xperia Z1, dan Xperia Z1 Compact.

Seperti biasanya, pembaruan sistem operasi ini akan berbeda di setiap negara, tergantung pada kebijakan regional dan perusahaan yang membawanya.

Menurut pengamatan KompasTekno, update itu masih belum meluncur di Indonesia. Bagi pemilik tiga Xperia di atas yang tak sabar menunggu, bisa mengunduh file firmware-nya dari tautan ini.

Dalam update Android 4.4 KitKat ini, Sony menghadirkan beberapa perubahan, baik dari segi desain maupun fitur. Salah satu di antaranya, Sony sedikit melakukan perubahan di fitur Status Bar dan Quick Setting. Menurut klaim dari perusahaan asal Jepang tersebut, kedua fitur ini kini lebih intuitif dan lebih mudah untuk disesuaikan.

Dari segi tampilan, Sony menambah animasi dan live wallpaper yang memiliki desain yang sama dengan tampilan antarmuka konsol PlayStation 4. Animasi tersebut dapat dipasang di layar kunci dan Home.

Dalam update kali ini, Sony juga memperbarui beberapa aplikasi native, seperti Messaging, MyXperia, Smart Connect, TrackID, Track ID TV, Sony Select, Walkman, Album, dan Movies.

Ada juga peningkatan dari sisi kamera. Sony mengubah sedikit algoritma kamera agar perangkat ini dapat menghasilkan foto yang lebih baik lagi.

Setelah ketiga perangkat tersebut, seperti dikutip dari blog resminya, Sony mengungkapkan bahwa ada beberapa seri Xperia lagi yang akan kedatangan Android 4.4 KitKat.

Xperia Z, Xperia ZL, Xperia Tablet Z, dan Xperia ZR akan mendapatkan update ini pada pertengahan kuartal kedua 2014, kemungkinan pada bulan Mei.

Xperia T2 Ultra, Xperia E1, dan Xperia M2 juga dijanjikan akan mendapatkan update ini, meskipun Sony belum mengungkapkan kapan pastinya.