Google Wajibkan Label Android

Wednesday, April 02, 2014 , , 0 Comments

Android
Sistem operasi Android
Pasar smartphone sekarang ini memang di dominasi oleh Google dengan sistem operasi Android andalannya. Namun justru para pengguna smartphone lebih mengenal vendor atau pabrikan dari smartphone tersebut ketimbang Android dari Google tersebut. Berangkat dari hal tersebut, Google telah berencana untuk lebih memperkenalkan image dari Android ketimbang dari para perangkat yang memakainya.

Dalam pemasaran, branding sistem operasi mobile memang berbeda dengan sistem operasi yang berada dalam lingkungan PC Desktop yang dimana hanya di dominasi oleh Mac OS ataupun Windows milik Microsoft.

Adapun pada segmen perangkat mobile berdasarkan beberapa jejak pendapat jika para pengguna Apple ditanya tentang sistem operasi yang digunakan, hanya sedikit yang menjawabnya dengan iOS dan kebanyakan mengatakan dengan iPhone ataupun iPad

Ini berlaku juga pada Android. Dimana para penggunanya lebih mengenal vendor dari perangkat tersebut. Contoh saja mereka lebih sering menyebutnya dengan nama perangkat tersebut, Samsung Galaxy S5 misalnya. Hal ini terjadi karena Google memberikan keleluasaan kepada tiap vendor untuk membuat interface sendiri pada perangkat yang diusungnya. Contoh Samsung dengan TouchWiz ataupun HTC dengan Sense.

Seperti dilansir dari situs Geek.com. Google telah meminta para produsen tiap perangkat yang memakai sistem operasi Android untuk mencantumkan logo “Powered by Android” di tiap perangkat yang diproduksinya. 

Hal ini sudah terlihat dengan hadirnya perangkat Samsung Galaxy S5 yang telah memasang tulisan ini pada layar pembuka perangkat tersebut.