Samsung Akan Gunakan Tizen, Bagaimana Dengan Android?

Saturday, April 19, 2014 , , , 0 Comments

sistem operasi tizen

Rupanya Samsung tidak mau terlalu untuk bergantung pada sistem operasi Android. Kini perusahaan asal Korea Selatan tersebut terus mengembangkan sistem operasi Tizen. Namun penantian pengguna akan kehadiran sistem operasi tersebut harus tertahan dikarenakan ponsel berbasis Tizen belum diperkenalkan di pasar.

Sistem operasi Tizen telah banyak mengalami penundaan peluncuran. Ini juga diakibatkan oleh Samsung yang telah masuk dalam perjanjian lisensi dengan pihak Google. Kebanyakan pihak menilai ini merupakan langkah Google untuk terus mempertahankan Samsung yang diakui sebagai vendor besar dalam sistem operasi Android.

Yoon Han-Kil selaku Wakil Presiden Senior Strategi Produk Samsung mengatakan, bahwasa pihaknya telah mencoba untuk melakukan penjualan ponsel dengan OS Tizen ini dengan cara melakukan kerjasama dengan provider. Namun dinilainya keadaan pasar sekarang ini tidak memungkinkan untuk melakukan peluncuran ini.

"Kami sudah mencoba untuk memulai  dengan Orange dan DoCoMo. Namun kami pikir ini bukan sesuatu yang bagus dengan keadaan pasar sekarang ini. Kami sudah melakukan perubahan strategi kami dan akan meluncurkan ponsel di beberapa negara di mana ini dapat berjalan dengan baik," katanya dalam sebuah wawancara dengan Reuters, Rabu (16/4/2014).

Pihak Samsung telah memakai OS Tizen ini pada dua perangkat jam tangan pintarnya, yaitu Gear 2 New dan Gear 2. Terobosan ini merupakan tanda debut Tizen pada perangkat pintar.

Seperti kita ketahui bahwa sampai sekarang ini Samsung masih setia menggunakan Android dan perusahaan ini berniat untuk merilis Galaxy Note edisi baru pada semester kedua tahun ini.