5 Tips Tingkatkan Kinerja Android Tanpa Aplikasi

Tuesday, May 13, 2014 , 0 Comments

Android Indonesia - Bagi Anda para pengguna Android tentu tidak asing lagi dengan performa Android yang terkadang menjadi lemot (kurang responsif). Di kebanyakan kasus untuk menangani hal tersebut adalah dengan cara memasang aplikasi/tools yang membantu menambah kinerja perangkat Android. Namun sebenarnya tanpa bantuan aplikasipun kita dapat membuat Android kita semakin powerfull dan tidak lemot. Bagaimana caranya untuk meningkatkan perangkat Android? Baca ulasannya dibawah ini.


1. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Mungkin penggunaan live wallpaper untuk perangkat high-end bukan menjadi masalah berarti. Namun bagaimana dengan Anda yang hanya mempunyai perangkat yang berisikan kemampuan yang tidak begitu mumpuni. Mematikan live wallpaper menjadi satu solusinya, ini juga akan menghemat pemakaian daya perangkat sehingga membuat perangkat semakin lebih cepat. Untuk melakukannya Anda bisa pergi ke setting > display dan ganti wallpaper ke pilihan yang biasa.

2. Hemat Pemakaian Widget

Widget pada perangkat Android terkadang membantu dan membuat tampilan homescreen perangkat terlihat menawan. Namun selain dari itu, pemakaian yang berlebihan akan membuat kinerja perangkat Android menjadi tidak responsif/kurang cepat. Ini diakibatkan karena widget rata-rata menggunakan proses background dalam menjalankannya. Untuk mensiasati agar Android tidak lemot, Anda bisa untuk menghapus beberapa widget yang tidak terpakai ataupun kurang penting.

3. Matikan Animasi

Mematikan fitur animasi pada Android akan membuat perpindahan menu pada perangkat akan terasa lebih gesit. Untuk pengaturan ini Anda bisa masuk ke setting > developer options lalu matikan fitur animasi Android pada perangkat Anda (Sesuaikan dengan versi Android dan perangkat yang Anda gunakan).

4. Gunakan Memori Berkecepatan Tinggi

Kebanyakan kasus untuk bisa meningkatkan kapasitas memori internal yang kecil, para pengguna biasanya menambahkan kartu microSD ke slot yang telah disediakan. Selain ini menambah kapasitas penyimpanan, ini juga ternyata dapat membuat kinerja kecepatan Android dapat bertambah. Ini dikarenakan pemrosesan informasi dari sistem operasi akan semakin cepat. Anda dapat menggunakan kartu microSD kelas 6 ataupun 10 untuk performa yang lebih bagus.

5. Hapus Aplikasi Yang Tak Perlu

Godaan untuk terus memasang aplikasi atau game baru di Google Play memang sangat tinggi. Sampai terkadang ada beberapa aplikasi/game yang tidak perlu pengguna tetap mencoba untuk memasang di perangkat Androidnya. Tanpa disadari ini akan membuat kinerja Android semakin menurun. Ini diakibatkan karena aplikasi akan terus berjalan di proses background. Kinerja memori semakin terkuras dan perangkat akan terasa kurang responsif. Anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting untuk menangani hal ini. 

baca juga : Mengatur Dokumen Menggunakan Google Drive di Android

Itulah beberapa tips untuk bisa membuat Android Anda semakin responsif dan tidak lemot lagi. Semoga membantu.