Review Sony Xperia T3, Smartphone Android Rasa Phablet

Tuesday, September 30, 2014 , 0 Comments

Sony Xperia T3 merupakan jajaran smartphone Android Sony yang resmi diluncurkan pada bulan Juli 2014 lalu. Perangkat ini merupakan penerus dari seri Xperia T2. Smartphone ini memiliki ciri khas dan perbedaan dari perangkat sebelumnya. Salah satu diantaranya adalah ukuran layar dan juga kamera. Dengan ukuran 5,3 inci Xperia T3 lebih layak dikatakan sebagai phablet daripada smartphone.
sony xperia t3

Dari segi kamera, Xperia T3 memiliki kualitas lebih rendah daripada seri T2. Dimana T3 memiliki kamera belakang hanya 8MP. Konsep dasar yang diusung perangkat ini adalah memanjakan pengguna untuk berselfie ria. Apa fitur-fitur hebat lainnya dari Xperia T3? baca tentang Review Sony Xperia T3 

Design
Kata elegan menjadi kesan pertama ketika melihat design handset Sony ini. Perangkat pintar Android ini memiliki rangka baja yang tahan karat dengan design yang tipis. Dengan bobot hanya 148 gram dan memiliki ketipisan 7 mm membuat kesan premium juga tak lepas dari perangkat satu ini. Hal tersebut membuat handset ini menjadi sangat ringan dan nyaman untuk digunakan.

Pada sisi samping smartphone, terdapat strip yang mengkilap dan membuat akses warna kontras dengan keseluruhan warna bodinya yang gelap. Dibagian belakang Sony menggunakan material penutup berbahan plastik kesat. Ini membuat penerus Xperia T2 ini menjadi tidak licin dan nyaman untuk digenggam. 

Untuk segi konektivitas jaringan telepon Xperia T3 menggunakan micro SIM. Slotnya terdapat pada sisi kanan telefon dan berdekatan dengan MicroSD. Posisi kamera dan LED Flash ditempatkan pada sisi atas kiri bagian belakang.

Layar  (Display)
T3 memiliki rentang 5,3 inci dan dengan layar IPS yang mempunyai teknologi Triluminos dengan resolusi HD 1280x720 dengan kerapatan 320 ppi. 

Berkat teknologi Triluminos dan Sony mobile BRAVIA engine 2 yang dibenamkan pada handset ini, Xperia T3 mampu menghasilkan kualitas display yang amat jernih. Pengguna dapat mengatur  BRAVIA engine (on/off) dengan masuk pada settingan display.

Terdapat fitur kontrol cahaya latar pintar yang memungkinkan layar smartphone tetap menyala saat smartphone masih digenggam. Semisal ketika sedang memandangi foto atau yang lainnya, layar tidak akan mati kecuali pengguna mengalihkan pandangannya.

Ada juga mode penggunaan dengan sarung tangan yang memungkinkan handset tetap sensitif disentuh, meski sedang menggunakan sarung tangan. Xperia T3 juga mampu beraksi dengan baik saat digunakan dibawah terik matahari. Pengguna dapat mengaktifkan mode kecerahan layar optimal untuk mendukung hal tersebut.

Performa
Pengujian dilakukan menggunakan aplikasi AnTuTu. Berikut hasilnya. Untuk menguji performa dapur pacu, kami juga mempergunakanya untuk bermain game yang membutuhkan resolusi layar tinggi dan kecepatan prosesor yang baik. Hasilnya saat bermain gama Asphalt 7 handset ini mampu berlari mulus dan tanpa lag. Bahkan saat resolusi layar untuk gaming di optimalkan.

User Interface
Xperia T3 sudah menganut sistem operasi Android 4.4.2 KitKat. Namun belum diketahui apakah handset ini akan mendapatkan update untuk Android L atau tidak.

User Interface yang digunakan Sony untuk T3 serupa dengan smartphone sebelumnya yakni Xperia T2. Terdapat beberapa  beberapa widget khas Sony di layar muka serta app drawer.

Dengan menggeser sisi kiri layar, pengguna bisa menghapus aplikasi, mengurutkannya mulai dari yang paling sering digunakan, sesuai alfabet atau yang baru saja di install. Selain itu juga terdapat PlayStore dan Sony Select untuk mengunduh aplikasi. 

Pada fitur keamanan, pengguna dapat menggunakan beberapa pilihan modus seperti PIN, face unlock, pola, sandi, usap (swipe). Xperia t3 juga kaya akan widget, terdapat beragam pilihan widget yang tersedia.

Kamera
Xperia T3 menggunakan lensa 8MP dengan Exmor RS sensor. Resolusi maksimum mencapai 3264 x 2448 baik untuk mode auto atau manual. Terdapat juga flash LED untuk membantu pencahayaan kamera ketika berada dalam kondisi minim cahaya.

Modus kamera dan video terintegrasi secara langsung. Hal itu memudahkan pengguna jika ingin mengambil momen video dengan cepat tanpa harus beralih lagi pada video  mode seperti pada beberapa handset Sony lainnya. 

Pada modus manual, pengguna dapat menggunakan beberapa fitur seperti kompensasi eksposur dan pemilihan white balance. Selain itu ada juga pengaturan ISO, metering dan focus mode dan turn on/off image stabilization. 

Kamera pada smartphone ini cukup mumpuni, untuk penggunaan biasa (dengan kecerahan yang cukup) lensanya mampu menghasilkan kualitas gambar yang cukup jernih. 

Kesimpulan
Sony Xperia T3 memilki keunggulan pada desainnya yang sangat ramping dan elegan, sehingga sangat nyaman menggunakan perangkat untuk waktu lama. Selain desainnya yang elegan dan tipis, kekuatan lain pada smartphone ini juga terletak pada display. 

Kualitas layar smartphone ini sangat jernih, bersih dan nyaman dipandang. Sehingga sangat nyaman berlama-laman dengan Xperia T3, baik untuk bermain game, menonton, atau bersosial media. 

Hal tersebut dimungkinkankan karena penggunaan teknologi Triluminos dan Bravia Engine yang digunakan oleh Sony pada layar TV mereka. Prosesor yang disematkan juga mampu berjalan mulus untuk bekerja menjalankan aplikasi sederhana sampai berat.

Untuk harga Sony Xperia T3, perangkat ini dilepas mulai dari harga 4,5 jutaan. 
sumber: techno.okezone.com

0 komentar :