Cara Mudah Menghemat Baterai di Android

Thursday, May 08, 2014 , 0 Comments

Android Indonesia - Satu kelemahan yang diakui selalu menghantui perangkat berbasis sistem operasi Android adalah borosnya daya tahan baterai. Meski Google selaku pihak pembesut sistem operasi Android telah melakukan berbagai cara untuk menanggulanginya, namun permasalahan ini tetap terjadi di sebagian besar perangkat Android.

Permasalahan borosnya daya baterai bahkan tetap terjadi di perangkat yang telah mengadopsi sistem operasi Android terbaru versi 4.4 Kitkat. Akan tetapi di platform Android KitKat, Google ternyata menyematkan sejumlah pengaturan yang dapat digunakan untuk menghemat daya tahan baterai.

Bagi Anda yang sudah menggunakan perangkat berbasis Android 4.4 KitKat, berikut beberapa tips mudah yang dapat dilakukan guna menghemat daya tahan baterai perangkat:

baca juga: Pilihan Aplikasi Cuaca di Android

1. Pengaturan fitur GPS
Fitur GPS memang sangat diperlukan untuk mendukung berbagai aplikasi dan layanan yang digunakan pada perangkat. Mulai dari aplikasi perpetaan, navigasi, hingga media sosial seperti Path, Facebook, Instagram, dan Twitter memanfaatkan fitur GPS.

Meski keberadaannya sangat vital, namun GPS menjadi salah satu penyebab utama borosnya daya tahan baterai perangkat. Namun di sistem operasi Android KitKat, Google memberikan opsi penghematan daya pada fitur GPS.

Anda hanya perlu mengakses menu Settings > Location > Mode. Di dalam menu Mode, Anda akan menemukan opsi 'Battery Saving' untuk menghemat daya baterai.

2. Matikan NFC bila tak digunakan
Fitur NFC umumnya selalu berada dalam kondisi aktif, namun sesungguhnya fitur ini masih jarang digunakan oleh banyak pengguna. Maka jauh lebih baik jika fitur NFC hanya dinyalakan pada saat ingin digunakan. Anda dapat mematikannya dengan mengakses menu Settings > More > NFC, lalu matikan.

3. Minimalisir penggunaan Google Now
Salah satu keistimewaan update sistem operasi Android KitKat adalah tersedianya fitur asistem pribadi berbasis suara, Google Now. Dengan hanya mengatakan 'OK, Google!', ponsel Android dapat menerima dan menjalankan perintah. Namun konsekuensinya adalah baterai perangkat Anda akan sangat boros.

Sebab, penggunaan fitur Google Now memposisikan perangkat Anda dalam mode siaga 'listening' terus menerus. Oleh karena itu, gunakan fitur Google Now sesuai kebutuhan, bila tidak lebih baik dimatikan saja fungsinya dengan cara mengakses menu Settings > Voice > dan matikan Hotword Detection.
Selamat mencoba.

Sumber: Liputan6.com