15 Fungsi Google Yang Mungkin Anda Belum Ketahui

Monday, July 14, 2014 0 Comments

Android Indonesia - Google, situs web paling terkenal dan paling banyak digunakan di seluruh dunia memiliki sejumlah fungsi yang tak diketahui semua orang.

Dikutip dari Telegraph.co.uk, berikut ini 15 fungsi mesin pencari Google mungkin belum Anda ketahui.

1. Kalkulator

Fungsi Google Calculator lebih canggih dari yang diketahui banyak orang. Selain mampu mengerjakan matematika dasar, seperti 5+6 atau 3x2, Google Calculator juga mampu mengerjakan kalkulasi logaritma seperti e, pi, Cos, Sin, dan lain-lain. Selain itu, Google Calculator juga mampu menerjemahkan binary code. Coba saja ketikkan “12*3 in binary” pada kolom search Google.

2. Site Search

Dengan menggunakan kata kunci “site:” kita dapat membuat Google untuk hanya mencari dan mengeluarkan hasil hanya dari satu website saja. 

3. Konversi

Konversi mata uang dan konversi unit dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan mengetikkan kata kunci <jumlah> <unit1> <unit2> pada kolom search. Contohnya kita dapat mengetikkan “1 USD in Rp”, “20 C in F”, atau “15 inch in cm” maka kita akan mendapatkan hasil secara instan.

4. Time Zone

Cukup mengetikkan “time in <tempat>” maka kita akan mendapatkan waktu setempat di tempat tersebut sekaligus dengan zona waktu yang digunakan di tempat tersebut. 

5. Terjemahan

Cara tercepat menerjemahkan kata asing cukup dengan mengetikkan “translate <kata> to <bahasa>” sebagai contoh “translate pomme to english” maka akan muncul hasil apple. “translate pomme to spanish” maka akan muncul hasil manzana.

6. Mencari file secara spesifik

Jika mengetahui jenis file yang akan dicari seperti PDF atau Word, kita dapat menambahkan ekstensi file secara spesifik dengan mengetikkan “<judul> filetype:pdf” atau “<judul> filetype:doc”

7. Mengecek status penerbangan

Jika kita telah mengetahui nomor penerbangan, kita bisa mengecek informasi detailnya. Contohnya dengan mengetikkan “BA335” maka akan muncul status penerbangan British Airways dengan nomor penerbangan 335 dari Paris jam 15.45 dan akan tiba di Heatrow Terminal 5 pada jam 15.48 waktu setempat.

8. Mengecek film yang ditayangkan di bioskop

Dengan mengetikkan “film” atau “movie” diikuti dengan kodepos setempat maka akan menunjukkan daftar film yang sedang diputar di bioskop-bioskop setempat. Sayangnya untuk di Indonesia sendiri fitur ini belum bisa diterapkan.

9. Prakiraan cuaca

Cukup dengan mengetikkan nama kota diikuti dengan “forecast” maka Google akan menampilkan prakiraan cuaca selama satu hari termasuk dengan kelembaban udara dan kecepatan angin. Prakiraan cuaca ini termasuk dengan cuaca selama satu minggu berdasarkan data dari weather channel.

10. Mengeluarkan daftar pencarian

Jika kita mengetikkan kata yang memiliki dua arti atau memiliki hubungan dengan kata yang lain,  kemungkinan akan sulit karena memiliki hasil pencarian yang sangat banyak. Kita dapat mengeluarkan hasil yang tidak sesuai dengan tanda “-“ maka hasil yang dihasilkan dapat lebih sesuai. Contoh bila kita mengetikkan “Apple – iPhone” maka akan menghasilkan pencarian Apple tanpa iPhone.

11. Data Publik

Untuk melihat tren dan data populasi penduduk atau tingkat penggangguran di salah satu kota atau daerah kita dapat menggunakan kata kunci “population <kota>” atau “unemployment rate <kota>”.

12. Pencarian yang berhubungan

Untuk mencari sebuah website yang memiliki isi yang sama cukup tambahkan kata “related:” diikuti dengan alamat website pada kolom pencarian.

13. Tracking Paket

Bagi orang yang sering melakukan bisnis secara online dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengetahui paket kirimannya apakan sudah sampai atau belum. Cukup mengetikkan tracking number yang terdapat pada paket maka google akan menampilkan hasil disertai dengan website paket yang bersangkutan.

14. Menjelaskan arti kata

Kamus Google memiliki fungsi untuk mengartikan suatu kata. Tambahkan kata kunci “define: <kata>” maka hasilnya adalah penjelasan secara lengkap dari kata yang dimaksud. Seperti contoh dengan mengetikkan  “define: discombobulated” maka akan muncul  “disconcert or confuse” yang berarti bingung.

15. Mini Games

Cukup ketikkan “do a barrel roll” pada kolom search maka sebuah animasi tampilan layar yang akan berputar. Atau ketikkan “zerg rush” untuk memainkan sebuah mini game.

sumber:chip.co.id